Skip to main content

Windows Subsystem for Linux (WSL)

APA ITU WSL?
Windows Subsystem for Linux adalah sebuah fitur windows 10 yang memungkinkan kita menjalankan native linux command-line tools langsung di windows.

UNTUK SIAPA?
WSL diperuntukkan untuk para developers -- terutama web developers dan mereka yang akan/sedang mengerjakan project open source. dengan ini mereka yang memerlukan BASH untuk menjalankan Linux command-line tools seperti awk, ls, ruby, python dll. dapat memanfaatkan tools ini agar bisa running bersamaan dengan windows.

APA YANG BISA DILAKUKAN WSL?
WSL menyediakan sebuah aplikasi bernama Bash.exe yang, ketika di run, akan membuka sebuah konsol Windows baru dimana dengan konsol ini kita dapat
menjalankan shell Bash. Dengan menggunakan Bash, Kita bisa menjalankan tool dan aplikasi Linux command-line. Misalnya, ketik lsb_release -a dan tekan enter; Anda akan melihat detil distro Linux yang sedang berjalan.
Kita juga dapat mengakses filesystem komputer lokal Anda dari dalam shell Bash Linux - Kita akan menemukan drive lokal terpasang di bawah folder / mnt. Misalnya, drive C: terpasang di bawah /mnt/c:

MENGAPA MENGGUNAKAN WSL DARIPADA LINUX DI VM?
WSL membutuhkan lebih sedikit sumber daya (CPU, memori, dan penyimpanan) daripada mesin virtual penuh. WSL juga memungkinkan kita untuk menjalankan alat dan aplikasi baris perintah Linux di samping aplikasi command-line, desktop dan store Windows, dan untuk mengakses file Windows dari dalam Linux. Ini memungkinkan kita menggunakan alat bantu perintah Windows dan Linux pada set file yang sama jika diinginkan.

DAPATKAH KITA MENJALANKAN SEMUA APLIKASI LINUX DI WSL?
Tidak! WSL adalah alat yang ditujukan untuk memungkinkan pengguna yang membutuhkannya untuk menjalankan alat baris perintah Bash dan inti Linux di Windows.

WSL tidak bertujuan untuk mendukung desktop atau aplikasi GUI (misalnya Gnome, KDE, dll.)

Selain itu, meskipun Anda dapat menjalankan banyak aplikasi server populer (misalnya Redis), ini tidak direkomendasikan WSL untuk skenario server - Microsoft menawarkan berbagai solusi untuk menjalankan produksi beban kerja Ubuntu di Azure, Hyper-V, dan Docker.



Kita bisa mengaktifkan fitur WSL ini dari Windows Features, dan setelah install Mode Developer harus di enabled

Note: dan selama ini, fitur WSL masih versi BETA. Setelah Windows 10 FCU (Fall Creators Update), Fitur WSL ini sudah bukan versi BETA lagi

Comments

Unknown said…
Itu bisa repository ga gan?
Vian brahma said…
untuk kali linux wsl caranya sama ?

Popular posts from this blog

Menginstall Nginx, MySQL, PHP on Ubuntu Bionic Beaver (18.04 LTS)

TAHAP I - INSTALL NGINX ns@ubuntu:~$ sudo apt install nginx TEST INSTALLASI NGINX ns@ubuntu:~$ curl http://ip_localhost TAHAP II - INSTALL MYSQL ans@ubuntu:~$ sudo apt install mysql-server ans@ubuntu:~$ sudo mysql_secure_installation Set password untuk mySql secure connection ans@ubuntu:~$ sudo mysql mysql> SELECT user,authentication_string,plugin,host FROM mysql.user; mysql>ALTER USER 'root'@'localhost' IDENTIFIED WITH mysql_native_password BY 'password'; dimana 'password' di set sesuai keperluan lalu cek lagi, mysql> SELECT user,authentication_string,plugin,host FROM mysql.user; TAHAP III - INSTALL PHP ans@ubuntu:~$ sudo apt install php-fpm php-mysql ubah cgi.fix_pathinfo dari 1 menjadi 0 di file php.ini ans@ubuntu:~$ sudo nano /etc/php/7.2/fpm/php.ini cgi.fix_pathinfo=0 restart service php: ans@ubuntu:~$ sudo systemctl restart php7.2-fpm KONFIG AGAR NGINX MENGGUNAKAN PHP PROCESSOR edit file def

Darkstat - Nework Traffic Analyzer atau Monitor Jaringan

Darkstat - Nework Traffic Analyzer atau Monitor Jaringan Apa itu Darkstat? Darkstat adalah pengumpul statistik jaringan. Secara efektif, ini adalah paket sniffer yang berjalan sebagai proses latar belakang pada Kabel / DSL router, mengumpulkan segala macam statistik berguna tapi menarik, Dan melayani mereka melalui HTTP. Fitur Darkstat Grafik lalu lintas Melacak lalu lintas per host. Melacak lalu lintas per port TCP dan UDP untuk setiap host. Embedded web-server dengan deflate compression. Asynchronous reverse DNS resolution menggunakan proses child. Kecil. Portable. Single-threaded. Efisien. Instalasi Darkstat di Ubuntu ~$ sudo Apt-get install darkstat Ini akan menyelesaikan instalasi. Setelah Anda menyelesaikan instalasi, Anda perlu mengedit file yang terletak di /etc/darkstat/init.cfg START_DARKSTAT = no menjadi START_DARKSTAT = iya Start darkstat  # / Etc / init.d / darkstat start Ini akan memulai proses darkstat Arahkan browser Anda di http:

Mount ISO image file on HP-UX

There are 2 ways to mount iso file in hp-ux 1) using LVM method (to copy ISO into a logical volume) is the same as for older HP-UX releases: 1. Find out the size of the ISO image: # du -k /data/myImage.iso NOTE: The size will be in Kb. 2. Create a logical volume for the ISO image: # lvcreate -L -n iso /dev/vg00 NOTE: The name of the logical volume will be /dev/vg00/iso 3. Copy the ISO file to the raw logical volume: # dd if=/data/myImage.iso of=/dev/vg00/riso bs=64k 4. Create a temporary directory and mount the /dev/vg00/iso volume # mkdir /iso_image # mount /dev/vg00/iso /iso_image NOTE: For HP-UX 11.11 you must install the latest CDFS patches: PHCO_25841 Add Rock Ridge extension to mount_cdfs(1M) PHKL_26269 Rock Ridge extension for ISO-9660 PHKL_34153 CDFS cumulative patch 2) Available in HP-UX 11.31 0909: ISOIMAGE-ENH. Provides a new DLKM module fspd. Required to mount, read and umount the ISO image file. The comm